SCM Music Player

Selasa, 06 Maret 2012

Antariksa

Posted by The Drimer on 18.28

SkyView - Aplikasi Astronomi iPhone untuk Jelajah Luar Angkasa
Thursday, 12 January 2012 12:00
SkyView - Aplikasi Astronomi iPhone untuk Jelajah Luar Angkasa

Antariksa merupakan salah satu bagian dari alam semesta yang selalu menarik untuk dipelajari dan dieksplorasi. Kekayaan benda-benda langit dan pengaruhnya pada bumi yang didiami oleh manusia telah banyak menghadirkan ketertarikan lintas waktu semenjak zaman ilmuwan-ilmuwan terdahulu. Copernicus dan Galileo bahkan memberi porsi yang cukup besar bagi penelitian terhadap benda-benda langit ini. Bahkan kajian khusus dalam bidang fisika yang membahas antariksa serta benda-benda langit lainnya telah berdiri menjadi bidang tersendiri yang bernama astronomi.

Terminal Eleven memahami kondisi ini dan mengembangkan sebuah aplikasi astronomi mobile pada perangkat Apple seperti iPad, iPhone, dan iPod Touch bernama SkyView yang bertujuan menghadirkan edukasi bagi penggunanya mengenai astronomi, khususnya menyangkut tata letak planet dan benda langit lainnya.

Aplikasi astronomi SkyView menawarkan beberapa fitur menarik penggunanya. Salah satu fitur menarik Aplikasi astronomi tersebut adalah Sky Paths yang menyuguhkan pengguna aplikasi astronomi ini tampilan simulasi lintasan benda-benda langit seperti bulan, matahari, dan planet lainnya selama periode 24 jam.

Tak hanya itu, fitur Sky Paths juga memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk melakukan pengaturan terhadap tanggal dan waktu secara presisi untuk mendapatkan simulasi visual mengenai posisi lintasan planet pada waktu tertentu. Dengan dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality, SkyView dapat secara akurat memberikan animasi visual dalam bentuk 3 dimensi dari benda-benda langit yang diamati secara close up dan personal. Belum lagi fitur Search and Locate yang memungkinkan Anda untuk menemukan posisi akurat rasi bintang dan bahkan pergerakan satelit dari tiap planet.

Aplikasi Astronomi ini amat menarik apabila digunakan sebagai panduan visual bagi pembelajaran astronomi khususnya bagi usia sekolah dasar. Dengan visualisasi yang lembut dan didukung oleh tampilan grafis mumpuni akan membantu anak Anda dalam memahami perilaku benda langit secara utuh.

Satu-satunya kelemahan dari aplikasi ini ialah pemanfaat kompas iPhone dan juga GPS yang memungkinkan terjadinya interferensi dan mengharuskan Anda untuk melakukan kalibrasi ulang untuk mendapatkan kinerja aplikasi yang akurat. Hal ini biasanya terjadi ketika aplikasi digunakan di luar rumah. Namun demikian, aplikasi ini tetap menarik untuk dicoba apabila Anda memiliki ketertarikan tinggi terhadap astronomi.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • Blogroll

    Connect With Us

  • Consectetuer

    Recomended

  • Popular

    Instructions

  • Comments